BIOGRAFI KH. MA'MUN MA'SHUM



KH.Ma’mun Ma’shum atau lebih dikenal dengan nama Mbah Ma’mun Beliau dilahirkan pada tanggal 5 Oktober 1918. Beliau di lahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana , dari pasangan H.Ma’shum dan Hj.Mu’minah. Semenjak kecil beliau sudah dididik dengan didikan khusus ayahandanya .

Ketika genap berusia 6 tahun beliau beserta kakaknya diantar ayahandanya berkunjung ke seorang kyai yang bernama Mohammad Arif dari Asem Cirebon. mulut mereka diludahi olehnya, beliau langsung menelan ludah tersebut sedang kakaknya memuntahkannya. Setelah kejadian itu beliau diperintah untuk menghafalkan nadzom-nadzom, diantaranya: Tuhfatul Akhbab, Amriti dan Alfiyyah.


Ketika berumur 9 tahun beliau sudah mampu menghafal nadzom Alfiyyah yang berjumlah 1002 bait, dari sini telah tampak jelas kecerdasan yang beliau miliki, yang mungkin jarang terjadi pada anak seusia beliau. Pada usia belasan tahun, mulailah beliau mengaji kitab Alfiyyah yang langsung dididik oleh ayahandanya, setelah kitab Alfiyyah di khatamkan, beliau nyantri kepada seorang kyai ahli alat yang bernama Kyai Zakaria guru Kyai Sanusi Babakan, Ciwaringin, Cirebon-, disana beliau mengaji beberapa ilmu salaf dengan penuh ketekunan dan kesemangatan.

A. Dari Pesantren ke Pesantren

Masa remaja beliau hanya dihabiskan untuk mencari ilmu dari pesantren satu ke pesantren yang lain, semangat beliau dalam menuntut ilmu sangat membara sekali sehingga terbersit suatu cita-cita yang luhur. Di usianya yang ke 17 tahun dengan penuh semangt beliau pergi menuntut ilmu ke daerah kadu gede kabupaten kuningan, disana beliau berguru kepada Kyai Anwar selama kurang lebih empat bulan.

Kemudian beliau pulang ke rumah dan meneruskan ngaji kepada ayahandanya. Setelah berusia 19 tahun beliau menyantren lagi di daerah Gentur Sukabumi disana beliau berguru kepada Hadratus Syeh Abdus Syukur. Ketika sedang semangat-semangatnya menuntut ilmu dan tidak ada yang di pikirkannya, selain bagaimana cara menggapai cita-citanya yang luhur, Syeh Abdussyukur gugur ditembak Belanda. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun.

Dengan hati yang sedih atas berpulangnya syeh Abdussyukur ke Rahmat Allah. akhirnya beliau meninggalkan pesantren Gentur untuk melanjutkan belajarnya ke pesantren Babakan Ciwaringin,Cirebon, nyantri kepada Hadratus Syeh Kyai Sanusi dan Hadratus Syeh Kyai Amin. Karena dinilai Kyainya bahwa beliau sudah cukup matang maka beliau disuruh mengajar, akan tetapi entah dengan alasan apa beliau merasa keberatan memenuhi perintah gurunya .

Akhirnya beliau melanjutkan belajarnya di pesantren Babakan, namun hanya menimba ilmu kurang lebih dua bulan. Kemudian beliau meneruskan pesantrennya ke Arjawinagun Cirebon, Nyantri kepada Hadratus Syekh Syatori. Tatkala Kyai Syatori meniliti dan mengkaji Alfiyyah dihadapan santri-santrinya, tiba-tiba Kyai Syatori mendapat kemusykilan, maka Kyai Syatoripun mengajukan kepada dantri-santrinya untuk memurosi nadzam tersebut.

Kemudian dari salah satu santri yang duduk bersebelahan dengan mbah ma’mun menyeletuk seraya berkata: kulo kyai”, Kyai Syatoripun mempersilahkan santri yang nyeletuk tadi (bernama Abbas) untuk menjawab, akan tetapi Abbas menyerahkannya kepada Mbah Ma’mun dengan isyarat menyikutnya seraya berkata: Mun ira bae Mun”. Akhirnya mbah Ma’mun pun terkejut atas perilaku Abbas tadi, dan merekapun saling tuding menunjuk, namun akhirnya mbah Ma’mun pun menjawab kemusykilan tadi, dan kemudian dengan kerendahan hatinya beliau berkata bahwa jawabannya tadi adalah semata-mata karena petunjuk dari Allah SWT.

Setelah kejadian itu kyai syatori menyerahkan urusan pengajian Alfiyyah kepada Mbah Ma’mun, dan setelah hatam membaca kitab Alfiyyah beliau meneruskannya dengan pengajian kitab Uqudul juman, diantara santri yang mengikuti pengajian adalah prof.KH Maki dari Kali Tengah yag merupakan lulusan dari mesir.

B. Dari Pesantren ke Pelaminan

Di usianya yang ke dua puluh lima tahun, mbah ma’mun nyantri pada Kyai Amin bin Idris di Daerah Pekalongan. Ketika Kyai Amir sakit, Mbah Ma’munlah yang meneruskan penajian-pengajian, atas perintah Kyai Amir sendiri . Diantara kitab yang dibacanya: Tafsir Baedlowi, Asmuni, dan kitab samlawi, yang mana kitab-kitab tersebut sama sekali belum pernah beliau ngaji, tapi atas petunjuk Alllah SWT, Beliau tidak merasa kesulitan didalam membacanya.

Sampai akhirnya Kyai Amir pun pulang ke Rahmatullah “innalillahi wa inna illaihi rooji’uun”. Terakhir kalinya Beliau menuntut ilmu di lasem Jawa Timur, Nyantri kepada Kyai Ma’sum sampai akhirnya tibalah hari bahagia yang yang penuh pada usia 25 tahun,mbah Na’mun melaksanakan akad nikah antara seorang kyai dengan putri seorang kyai yang bernama Nyai Mu’tiah pada tahun 1938.

C. Mendirikan Pondok Pesantren Assalafiyyah

Lembaran sejarah baru telah dibuka, berselang dua tahun dari pernikahan beliau, tepatnya tahun 1940 bersama dengan bapak mertuanya KH Manshur, pondok pesantren Assalafiyyah di dirikan sebanyak tiga lokal yang berlokasi disebelah utara Masjid Al-Istiqomqh Luwungragi. Tetapi ketika Agresi Militer Belanda 11 tahun 1942, mbah Ma’mun meninggalkan pesantren untuk menghindari incaran Belanda menuju ke Cirebon.


KH.Ma’mun Ma’sum atau lebih dikenal dengan nama Mbah Ma’mun Beliau dilahirkan pada tanggal 5 Oktober 1918. Beliau di lahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana , dari pasangan H.Ma’shum dan Hj.Mu’minah. Semenjak kecil beliau sudah dididik dengan didikan khusus ayahandanya .

Ketika genap berusia 6 tahun beliau beserta kakaknya diantar ayahandanya berkunjung ke seorang kyai yang bernama Mohammad Arif dari Asem Cirebon. mulut mereka diludahi olehnya, beliau langsung menelan ludah tersebut sedang kakaknya memuntahkannya. Setelah kejadian itu beliau diperintah untuk menghafalkan nadzom-nadzom, diantaranya: Tuhfatul Akhbab, Amriti dan Alfiyyah.

Ketika berumur 9 tahun beliau sudah mampu menghafal nadzom Alfiyyah yang berjumlah 1002 bait, dari sini telah tampak jelas kecerdasan yang beliau miliki, yang mungkin jarang terjadi pada anak seusia beliau. Pada usia belasan tahun, mulailah beliau mengaji kitab Alfiyyah yang langsung dididik oleh ayahandanya, setelah kitab Alfiyyah di khatamkan, beliau nyantri kepada seorang kyai ahli alat yang bernama Kyai Zakaria guru Kyai Sanusi Babakan, Ciwaringin, Cirebon-, disana beliau mengaji beberapa ilmu salaf dengan penuh ketekunan dan kesemangatan.

A. Dari Pesantren ke Pesantren

Masa remaja beliau hanya dihabiskan untuk mencari ilmu dari pesantren satu ke pesantren yang lain, semangat beliau dalam menuntut ilmu sangat membara sekali sehingga terbersit suatu cita-cita yang luhur. Di usianya yang ke 17 tahun dengan penuh semangt beliau pergi menuntut ilmu ke daerah kadu gede kabupaten kuningan, disana beliau berguru kepada Kyai Anwar selama kurang lebih empat bulan.

Kemudian beliau pulang ke rumah dan meneruskan ngaji kepada ayahandanya. Setelah berusia 19 tahun beliau menyantren lagi di daerah Gentur Sukabumi disana beliau berguru kepada Hadratus Syeh Abdus Syukur. Ketika sedang semangat-semangatnya menuntut ilmu dan tidak ada yang di pikirkannya, selain bagaimana cara menggapai cita-citanya yang luhur, Syeh Abdussyukur gugur ditembak Belanda. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun.

Dengan hati yang sedih atas berpulangnya syeh Abdussyukur ke Rahmat Allah. akhirnya beliau meninggalkan pesantren Gentur untuk melanjutkan belajarnya ke pesantren Babakan Ciwaringin,Cirebon, nyantri kepada Hadratus Syeh Kyai Sanusi dan Hadratus Syeh Kyai Amin. Karena dinilai Kyainya bahwa beliau sudah cukup matang maka beliau disuruh mengajar, akan tetapi entah dengan alasan apa beliau merasa keberatan memenuhi perintah gurunya .

Akhirnya beliau melanjutkan belajarnya di pesantren Babakan, namun hanya menimba ilmu kurang lebih dua bulan. Kemudian beliau meneruskan pesantrennya ke Arjawinagun Cirebon, Nyantri kepada Hadratus Syekh Syatori. Tatkala Kyai Syatori meniliti dan mengkaji Alfiyyah dihadapan santri-santrinya, tiba-tiba Kyai Syatori mendapat kemusykilan, maka Kyai Syatoripun mengajukan kepada dantri-santrinya untuk memurosi nadzam tersebut.

Kemudian dari salah satu santri yang duduk bersebelahan dengan mbah ma’mun menyeletuk seraya berkata: kulo kyai”, Kyai Syatoripun mempersilahkan santri yang nyeletuk tadi (bernama Abbas) untuk menjawab, akan tetapi Abbas menyerahkannya kepada Mbah Ma’mun dengan isyarat menyikutnya seraya berkata: Mun ira bae Mun”. Akhirnya mbah Ma’mun pun terkejut atas perilaku Abbas tadi, dan merekapun saling tuding menunjuk, namun akhirnya mbah Ma’mun pun menjawab kemusykilan tadi, dan kemudian dengan kerendahan hatinya beliau berkata bahwa jawabannya tadi adalah semata-mata karena petunjuk dari Allah SWT.

Setelah kejadian itu kyai syatori menyerahkan urusan pengajian Alfiyyah kepada Mbah Ma’mun, dan setelah hatam membaca kitab Alfiyyah beliau meneruskannya dengan pengajian kitab Uqudul juman, diantara santri yang mengikuti pengajian adalah prof.KH Maki dari Kali Tengah yag merupakan lulusan dari mesir.

B. Dari Pesantren ke Pelaminan

Di usianya yang ke dua puluh lima tahun, mbah ma’mun nyantri pada Kyai Amin bin Idris di Daerah Pekalongan. Ketika Kyai Amir sakit, Mbah Ma’munlah yang meneruskan penajian-pengajian, atas perintah Kyai Amir sendiri . Diantara kitab yang dibacanya: Tafsir Baedlowi, Asmuni, dan kitab samlawi, yang mana kitab-kitab tersebut sama sekali belum pernah beliau ngaji, tapi atas petunjuk Alllah SWT, Beliau tidak merasa kesulitan didalam membacanya.

Sampai akhirnya Kyai Amir pun pulang ke Rahmatullah “innalillahi wa inna illaihi rooji’uun”. Terakhir kalinya Beliau menuntut ilmu di lasem Jawa Timur, Nyantri kepada Kyai Ma’sum sampai akhirnya tibalah hari bahagia yang yang penuh pada usia 25 tahun,mbah Na’mun melaksanakan akad nikah antara seorang kyai dengan putri seorang kyai yang bernama Nyai Mu’tiah pada tahun 1938.

C. Mendirikan Pondok Pesantren Assalafiyyah

Lembaran sejarah baru telah dibuka, berselang dua tahun dari pernikahan beliau, tepatnya tahun 1940 bersama dengan bapak mertuanya KH Manshur, pondok pesantren Assalafiyyah di dirikan sebanyak tiga lokal yang berlokasi disebelah utara Masjid Al-Istiqomqh Luwungragi. Tetapi ketika Agresi Militer Belanda 11 tahun 1942, mbah Ma’mun meninggalkan pesantren untuk menghindari incaran Belanda menuju ke Cirebon.

Kemudian pada tahun 1947 beliau mendirikan pondok pesantren di Cirebon tepatnya di desa Peterongan, dan pondok itu juga dinamakan dengan nama Peterongan, sebab disekitarnya banyak ditumbuhi tanaman terong. Akhirnya pada tahun 1968 mbah Ma’mun pulang kembali ke Luwungragi untuk meneruskan perjuangan beliau yang tertunda setelah memperkirakan dahulu bahwa keadaan di Luwungragi aman. Adapun santri yang pertama kali mondok di Luwungragi adalah Amat yang berasal dari karang suwung.

Mulai tahun 1970 santri Luwungragi mulai bertambah diantaranya: Harun dari Lengkong Kuningan, Husain, Nunung dan Amin, santri-santri inilah yang merupakan cikal bakall Keluarga Besar Assalafiyyah Brebes. Namun pada tahun 1971, santri-santri ini meninggalkan pondok pesantren karena ada teroran dari sekelompok garong. Pada tahun 1973 setelah teroran dari garong itu berakhir, datanglah santri dari Kuningan yang bernama Abdul Manaf,dan sejak itulah mullai nampakn perkembangan Pondok Pesantren Assalafiyyah.

D. Wafatnya Mbah Ma’mun bin Ma’sum

Pada tanggal 26 Oktober 1986 kesedihan menyelimuti Assalafiyyah karena kami kehilangan seorang ulama besar yang sangat kami cintai Inna llillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Belliau adalah ulama besar sang pembawa lentera dan entah dengan apa kami membalas jasa-jasa beliau yang sangat berarti .Hanyalah Do’a yang dapat kami persembahkan untuk mengiringi kepergiannya . Semoga Allah SWT membalas atas segala kebaikan beliau . Amin ya robbal ‘Alamin.


Mulai tahun 1970 santri Luwungragi mulai bertambah diantaranya: Harun dari Lengkong Kuningan, Husain, Nunung dan Amin, santri-santri inilah yang merupakan cikal bakall Keluarga Besar Assalafiyyah Brebes. Namun pada tahun 1971, santri-santri ini meninggalkan pondok pesantren karena ada teroran dari sekelompok garong. Pada tahun 1973 setelah teroran dari garong itu berakhir, datanglah santri dari Kuningan yang bernama Abdul Manaf,dan sejak itulah mullai nampakn perkembangan Pondok Pesantren Assalafiyyah.

D. Wafatnya Mbah Ma’mun bin Ma’sum

Pada tanggal 26 Oktober 1986 kesedihan menyelimuti Assalafiyyah karena kami kehilangan seorang ulama besar yang sangat kami cintai Inna llillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Belliau adalah ulama besar sang pembawa lentera dan entah dengan apa kami membalas jasa-jasa beliau yang sangat berarti .Hanyalah Do’a yang dapat kami persembahkan untuk mengiringi kepergiannya . Semoga Allah SWT membalas atas segala kebaikan beliau . Amin ya robbal ‘Alamin.

Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar