K.H Ahmad Basyir Mujiz Dalail Al-Khairot


KH. Ahmad Basyir Jekulo Kudus Jawa Tengah 


KH. Ahmad Basyir (Pengasuh PP. Darul Falah Jekulo Kudus) beliau wafat pada hari Selasa 18 Maret 2014, pukul 00.15 WIB.
Selain dikenal sebagai Kyai Kharismatik beliau juga di kenal sebagai kyai pemberi Ijazah "Dalail al Khoirot". Dalailul Khairat merupakan kitab yang berisi tentang shalawat kepada Nabi Saw.
Sebuah kitab kecil (kutaib) tersebut merupakan karya seorang ulama Maroko, Afrika Utara. Kitab ini sangat masyhur di kalangan pondok pesantren.Nail al-Masarat fi Tashih Dalail al-Khairat merupakan kitab yang telah ditashih (pembetulan) oleh KH. Ahmad Basyir.
Pada halaman 5, beliau mengatakan abhwa: “Karena saking banyaknya cetakan, terdapat banyak kekeliruan yang akibatnya merubah makna.” Adapun sanad Dalail al-Khairat KH. Ahmad Basyir sampai ke pengarangnya adalah: KH. Ahmad Basyir Jekulo Kudus, dari Syaih Yasin Jekulo Kudus dan Syaikh Muhammadun Pondohan, dari Syaikh Muhammad Amir bin Idris Pekalongan, dari Syaih Muhammad Mahfudz Mekkah, sampai ke sang penyusun Syaikh Sulaiman al-Jazuli Maroko.
Di ceritakan muncul awalnya Dalail Khairat yakni ketika ulama besar Syekh Sulaiman Al-Jazuli Maroko pergi ke Baitullah, Mekah bersama santrinya. Namun di tengah jalan rombongan kehabisan air. Akhirnya dia menemukan sumur yang dalam namun tidak ada gayungnya. Saat itu muncullah anak perempuan penduduk setempat yang meminta Syekh Sulaiman Al-Jazuli untuk membaca selawat kepada Nabi Muhammad. Seketika itu, air yang ada di dalam sumur tersebut tiba-tiba naik. Lalu akibat peristiwa tersebut Syekh Sulaiman Al-Jazuli akhirnya mengarang kitab Dalail Khairat yang berisi kumpulan salawat kepada Nabi Muhammad.

Puasa Dalailul Khairat, yakni puasa riyadhoh sunnah yang dilakukan dalam waktu beberapa tahun. Setiap hari membaca kitab Dalail Khairat yang berisi kumpulan shalawat. “Puasa Dalail itu ada dua, Dalai Khairat dengan Dalail Quran. Perbedanya terletak pada lamanya berpuasa dan bacaan setiap hari,”

Puasa Dalailul Khairat dilakukan selama tiga tahun dan setiap hari membaca kitab Dalail Khairat yang berisi shalawat. Sebagai, “Tabarukan saja (mencari berkah) sesuai anjuran Al-Quran. sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya (Surat Al-Ahzaab ayat 56),”.
Brebes, 23 Agustus 2017
Oleh : Kang Zein
Share on Google Plus

About Unknown

1 komentar: